Sabtu, 28 Februari 2009

SINGING OUT LOUD


Baru-baru ini seorang teman bergabung dengan sebuah kelompok paduan suara hingga akhirnya menempuh debut perdana tampil dalam sebuah acara pesta perkawinan....
Senang aja mendengar beritanya apalagi choir tersebut oke banget buat berlatih kedisplinan dan kemampuan membaca not dan bernyanyi deh. ...

Jadi ingat waktu pertama kali les di BinaVokalia, duh aseli malu bener deh gw..... Jadi ceritanya kan gw merengek2 minta les di BV tuh sudah lama secara dekat sm SMA gw wkt itu. Nah akhrinya keturutan tuh dikasi lah sm nyokap gw les di situ. Karena gw pake alasan buat bikin karya tulis utk ikut Ebtanas. Di SMA gw waktu itu mesti bikin karya tulis supaya bisa ikut Ebtanas. Diuji lho meski pengujinya cuma satu orang guru yg ditunjuk.

Nah hari pertama les itu, gw dimasukkan bersama anak2 kecil. Yah yg bikin malu lagi tuh anak2 kecil masih 5-8 tahun kemampuan baca not baloknya gila2an deh. Jadi ya kan dikasi not balok trus dibaca sambil dinyanyikan...Duh bener2 deh jago. Setelah itu ya hearing kan. Jadi mendengarkan anak lain yang menyanyikan satu bar gitu kita disuruh menulis notasinya di buku not balok. Dan gw, gagal dengan suksesnya hahahahahaahhahaha Setelah itu kan disuruh nyanyi kan perform nih ceritanya...boooo gw pikir gw mesti pilih lagu anak2 gitu kan secara masuknya sm anak2, jadi gw pilih nyanyi lagu desaku.

Desaku yang kucinta
pujaan hatiku
tempat ayah dan bunda
.........


Selesai nya langsung deh Mbak Citra komentar, " nanti lain kali pilih lagu jangan lagu anak2 ya "
Boooooo untung yg lain anak2 kecil semua hahahhhaahahahahh

Pengalaman yang kurang menyenangkan itu nyanyi di choir.....Dohhh kayaknya Im not a choir material deh...Maklumlah Divo gitu lho mana tahan tampil beramai2 gitu.....Mesti tampil sendiri di bawah spotlight.....
Lagunya gw gak suka, gak hapal aja gitu jadilahhhhh pas tampil gw megap megap kayak ikan mas koki aja.....
Yah mending nyanyi solo deh bisa pilih lagu sendiri...Susah kalo di choir.....

Paling berat dapat lagu banyak, mesti hapal semua kan boooo sudah gitu mending gampang materi lagunya
Beratnya di choir itu *salut deh buat yg choir material* kadang ada lagu yang materinya itu susah bener.
Jadi kan bisa pecah dua suara, trus pecah 4 suara, habis gitu bisa satu suara. Itu bisa aja kejadian dalam satu lagu. Ditambah lagi kalo liriknya bisa sampe 3 bait hufff selamat ngapalin deehhhh... Sudah gitu bisa jadi satu bait lirik itu dinyanyikan gantian satu suara dan pecah suara, atau cowo sendiri dan cewe sendiri...Doooooooh selamat deh ngafalin urutan nyanyinya...... Stresss boooo

Soooo I decided so long good bye deh sm choir thingy hahahhaha....
Mungkin kalau ditilik tuh bedanya nyanyi di choir penekanannya lebih ke tehnik yah, secara emosi sih tetap pakai emosi. Tapi tetap aja kan gak akan berasa seperti pada penyanyi solo. Kalau penyanyi solo, suara pas-pasan mah mesti punya materi lagu yg oke dan penjiwaan yang kuat. Itu menurutku lho ya. Tapi yah lebih baik kalo punya suara oke, menguasai teknik dan penjiwaan yang mendalam. Kadang kan sudah suara nggak oke, tekniknya juga kurang. Baca not juga susah. Cuma mengandalkan hearing aja. Wah ya repot deh kalo penyanyi kayak gitu.

Kalau punya pendapat berbeda yah terserah.

Pas nonton American Idol tuh babak hollywood week. Tsk tsk tsk tsk betapa bodohnya peserta2 yg ngotot bernyanyi sampe subuh. Gila aja gambling gitu. Soalnya kan semakin begadang dijamin suara besok pasti hilang. Itu aja gak pakai nyanyi2. Gimana coba kalau pakai acara nyanyi2 segala?? Apa nggak terlalu dipaksakan tuh pita suara. Gw sih milih tidur awal besok paginya baru mulai nyanyi dan latihan. Yah gak heran kalo yang gak lolos itu kebanyakan yang ngotot2 gitu. Yah lagian emosional sekali. Akhirnya malah lupa lirik, suara nggak keluar dan jadi fals. Parah kan???

Heran deh padahal materi vokalnya oke. Dan terdengar profesional pada babak audisi. Tapi kok yah gak ngerti soal2 menjaga suara gitu secara fisik dan emosi.




I Was Born To Sing.mp3 - Maribeth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar