Kamis, 07 Januari 2010

BEHIND THE STAGE JAVA SOULNATION

Dari Balik Panggung...
Penampilan sejumlah bintang tamu utama dari luar memang menarik untuk disaksikan. Tapi tidak kalah menarik adalah bagaimana musisi-musisi ini mengungkapkan konsep bermusik yang menjadi idealisme mereka. Dan itulah yang terungkap lewat chitchating selama konferensi pers dengan mereka. Berikut ini adalah rangkumannya.

Musiq Soulchild
Apa dan bagaimana pandangan bermusiknya? Bagi musisi yang bernama asli Taalib Johnson ini musik adalah agamanya. Musik merupakan hal yang dilakukannya lebih dari apapun sepanjang hidupnya, hidupnya adalah musik. Ia merasa senang, terinspirasi dan termotivasi untuk membuat dunia yang lebih baik dengan musik. Musik sama pentingnya dengan arti sebuah keluarga dan agama. Lewat musik MS ingin membawa perspektif yang nyata tentang sebuah relasi. Ia ingin musiknya menyatakan hal-hal yang jarang dibicarakan dalam sebuah relasi tentang kesempatan kedua. Menurutnya jika kita ingin mengenal seseorang, yang harus kita lakukan adalah memberikan kesempatan kedua. MS juga mengungkapkan kalau ia ingin menyampaikan apa yang tidak didengarnya agar orang mampu untuk lebih bertoleransi dan saling menghargai. MS tidak ingin mencapai target-target tertentu lewat musiknya. Menurut MS sendiri musiknya adalah musik soul, musik yang bernyawa. Lewat musik MS ingin menyatakan ekspresi dirinya dan menjadi inspirasi bagi setiap orang.


Arrested Development
Grup yang didirikan oleh duo Speech dan Headliner ini memiliki filosofi musik yang hidup. Mereka mengakui kalau mereka memiliki bentuk yang unik karena berbagai latar belakang yang dimiliki oleh setiap personel mulai dari blues, R&B dan sebagainya. Apalagi mereka juga tampil dalam berbagai festival dengan beragam genre musik mulai dari rock, reggae, folk dan lain-lain. Karena itu buat mereka tidak ada kalimat yang sanggup mendefinisikan musik mereka karena musik mereka mencakup berbagai macam genre. Mereka datang memainkan musik hip-hop dan R&B dengan filosofi yang awal yang menurut mereka adalah menghentikan kekerasan, mengalihkan energi perseteruan menjadi gerakan yang positif. Mereka ingin menjadi grup musik yang membawa pesan untuk membuat hidup yang lebih baik. Musik mereka akan menyajikan banyak semangat hidup dan kegembiraan.

DMC of Run DMC
Menurut DMC orang Indonesia berhak mendapatkan pertunjukan hip-hop yang sebenarnya bukan hanya berasal dari TV atau rekaman lainnya. DMC menyakini musik hip-hop yang sebenarnya adalah menyertakan seorang MC dan DJ yang menggunakan rekaman bukan sekedar menekan tombol-tombol. Ia yakin komposisi hip-hop seperti itulah yang terbaik. Lewat musik yang diusungnya ia membawa pesan satu bangsa satu irama. Ia ingin membuat setiap orang sebagai satu individu, yang meskipun berbeda-beda tetapi juga satu karena disatukan oleh musik hip-hop. Ia menceritakan bagaimana gerakan hip-hop diawali di New York saat ABG berkreasi dan memaksa orang dewasa untuk melihat apa yang ABG-ABG itu saksikan. Tapi pada perkembangannya hip-hop juga berkembang dan mempengaruhi, menulari orang-orang di berbagai daerah seperti New Jersey dan California. Hip-hop, MC dan DJ mampu menyatukan orang dengan berbagai latar belakang politik, ras dan agama. Entah mereka tinggal di daerah kumuh atau mewah macam Beverly Hills, hip-hop menyatukan semuanya duduk di satu meja. Buat DMC stereotipe hip-hop yang diidentikan dengan kekerasan dan gank adalah sesuatu yang klise. Hip-hop bukan melulu membahas soal kekerasan dan gank. Menurutnya hip-hop adalah tentang apa yang sedang terjadi dan bukan sekedar mengekor orang lain. Hip-hop itu membawa penyembuhan, sesuatu untuk memperbaiki keadaan kita. Dan itulah yang menjadi musiknya, memberi suara bagi orang yang tidak melihat. Sementara itu DMC melihat industri musik khususnya hip-hop saat ini telah berubah menjadi membosankan dan menakutkan. Dulu hip-hop jauh lebih menarik karena memadukan begitu banyak suara, unsur dan latar belakang. Sekarang semuanya terdengar seragam. Buatnya ini sebuah kemunduran bagi hip-hop. Dulu semua mengikuti gaya disko dan funk sampai Run DMC muncul dan membuat perbedaan. Saat seorang artis musisi muncul dengan sesuatu yang lebih baik, akan lahir kompetisi, kreativitas yang membuat musik mampu berevolusi. Sekarang mungkin tinggal 3% dari yang dahulu. Rapper sekarang menurut DMC bahkan tidak menghormati wanita dengan menggunakan kata-kata kasar kepada wanita, selain menjual seks dan kekerasan untuk meraih popularitas dan kekayaan. Baginya hal ini sangat menyakitkan menyaksikan artis musisi hip-hop tidak peduli dengan audiens pendengarnya yang termasuk wanita. Ia ingin menyampaikan pesan lewat musiknya untuk mencintai ibu dan saudara perempuan kita. DMC sendiri mengakui musiknya sendiri berevolusi. Dulu ia merasa lebih sering narsis dengan membawakan lirik yang mengungkapkan betapa hebat dirinya. Namun saat ini sebagai seorang individu lewat musiknya ia mengungkapkan tentang pembunuhan sahabatnya, kecanduan alkohol dan berbagai masalah pribadi lainnya. Itu semua ia lakukan karena ia yakin ada banyak orang di luar sana yang memiliki masalah yang sama dengan dirinya. Ia juga mengakui sekarang mulai terbuka dan mendengarkan lebih banyak jenis musik bahkan country sekalipun daripada hanya hip-hop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar