Kamis, 07 Januari 2010

Review Album: David Gray – Draw The Line


Bulan September lalu David Gray merilis album studionya yang ke-8, ‘Draw The Line’. Album pertama yang diproduksinya selepas bercerai dengan anggota bandnya yang lama. Di album ini Gray dibantu oleh personel-personel yang baru meski masih dibantu produser Rob Malone yang selalu membantu Gray di album-album sebelumnya. Gray sendiri mengatakan kalau album ini sebagai penanda, akhir sebuah era dan awal era yang baru, sekaligus untuk menegaskan untuk tidak coba-coba melintas batas sebab sudah ada garis tegas pemisah. Mungkin yang dimaksudnya adalah untuk musiknya. Album ini berisikan sebelas lagu baru yang semuanya ditulis oleh Gray sendiri dibantu oleh Malone dan Rob MacColl, gitaris dalam band pendukung Gray yang baru.
Gray juga mengajak Annie Lennox berkolaborasi dalam komposisi berjudul ‘Full Steam’. Lagu ini sendiri digambarkan oleh Lennox memiliki pesan politik yang luas. Duet Gray dan Lennox terasa menyatu hingga membuat lagu ini menjadi favorit saya.
Selain Lennox sebenarnya Gray mengajak Dolly Parton untuk berduet dalam lagu ‘Kathleen’. Sayang sekali Parton menolak karena alasan kesibukan jadwalnya. Sebagai gantinya Gray mengajak Jollie Holland sebagai gantinya. Jollie Holland adalah salah satu musisi folk country jazz asal Texas.
Gray sendiri masih setia membawakan nuansa folk rock. Gray berhasil memasukkan vokalnya yang soulful dan lirik yang penuh muatan emosi ke dalam album ini hingga menjadi terasa rock melankolis yang lembut. Saya sendiri menyukai hampir seluruh komposisi di album ini. Coba dengarkan track pertama yang menjadi debut single album ini ‘Fugitive’. Begitu nikmat untuk didengarkan hingga menjadi pengobat rindu bagi penggemar Gray akan karyanya yang baru. Fugitive sendiri menurut Gray terinspirasi dari gambar Sadam Hussein yang ditarik keluar dari lubang persembunyiannya. Sementara komposisi ‘Nemesis’ memiliki lirik yang bisa dikatakan mewakili warna emosi , coba perhatikan:

I am the photograph you found in your burned down house I am the smell you're trying to wash out of your hair.

Sementara pada ‘Stella The Artist’ Gray terdengar lebih ceria dengan tempo yang upbeat. Komposisi ‘Breathe’ dengan solo gitar yang mendominasi terdengar sangat dinamis. Kalau menyukai rock, album ‘Draw The Line’ ini harus masuk dalam koleksi.

Track List:
1. Fugitive
2. Draw the Line
3. Nemesis
4. Jackdaw
5. Kathleen" (featuring Jolie Holland)
6. First Chance
7. Harder
8. Transformation
9. Stella the Artist
10. Breathe
11. Full Steam (featuring Annie Lennox)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar