Minggu, 29 Maret 2009

Review Album: Black Roses - The Rasmus


Pertama kali mendengarkan komposisi The Rasmus dari album teranyar mereka adalah single ‘Justify’ yang menyentuh di hati. Memang sedikit mengingatkan pada Linkin Park atau Dashboard Confessional. Tapi melodi dari komposisi ini memang sangat kupinggenic. Coba perhatikan liriknya

Someone as beautiful as you could do much better it's true
That didn't matter to you I tried so hard to be the one
Its something I couldn't do Guess I was under the gun
Give me a reason why would you want me to live and die, live a lie
You were the answer, all that I needed to justify, justify my life
It's only right that I should go and find myself
Before I go and ruin someone else

Justru single pertama dan komposisi pembuka dalam album Black Roses ini, ‘Livin In A World Without You’ belum begitu mencuri perhatian saya seperti ‘Justify’. Meski sama bagusnya.

Dalam album ini The Rasmus memang menunjukkan perbedaan dengan album-album sebelumnya karena lebih melodius rock. Sedikit sentuhan gaya rock 80-an terasa di album ini. Album ini menunjukkan keberanian mereka dalam mengeksplorasi gaya bermusik rock mereka. Ketimbang mandeg dalam gaya alternative rock yang nampak pada dua album sebelumnya, Dead Letters dan Hide From The Sun. Semua komposisi dalam album ini memang sangat gampang untuk disukai.

Tetapi yang ada beberapa yang cukup menonjol karena aransemen yang mencuri perhatian saya. Misalnya Ghost of Love dan The Fight yang sama-sama dominan dengan permainan gitar listrik dengan tempo cepat. Tetapi pada The Fight yang tempo gitarnya justru lebih cepat dipadukan dengan aransemen strings violin yang memberikan kesan megah dan nostalgia 80-an. Sementara track ‘Run To You’ pada bagian outro-nya menarik karena menggunakan backing vocal alunan choir sehingga terkesan sedikit spiritual.

Permainan solo gitar Pauli Rantasalmi itu juga cukup adiktif untuk dinikmati. Dan yang buat saya cukup menyenangkan adalah vocal dari Lauri Ylonen yang powerful tapi tidak ngotot. Juga interpretasinya pada lirik lagu-lagu dalam album ini. Dibantu oleh produser Desmond Child, yang berpengalaman dalam menangani Aerosmith, Kelly Clarkson, Bon Jovi, nampaknya The Rasmus akan menuai sukses lagi dengan album ini.

Album The Rasmus ini, Black Roses, menurut saya memang sedap sekali buat telinga kita. Harus dimiliki.

Track List:
1. Livin’ in a World Without You
2. Ten Black Roses
3. Ghost of Love
4. Justify
5. Your Forgiveness
6. Run To You
7. You Got It Wrong
8. Lost and Lonely
9. The Fight
10. Dangerous Kind
11. Live Forever
PS: Thx 2 KA


Review ini dimuat di www.creativedisc.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar